Just another Telkom University Student Blog site

NetServ_CE1401_Kel8_Praktek1

Pada postingan kali ini saya akan share tutorial Paket Tracer cara membuat sebuah pengkoneksian  dengan menggunakan 2 jenis kabel yaitu : kabel copper Straight dan Copper Cross- over. dan kita akan lihat kabel mana yang pas untuk menghubungkan sebuah device.

Untuk pertama mari kita buat sebuah topologi seperti di bawah ini.

1

 

pada topologi di atas kita menggunakan kabel  straight-through. Setelah kita membuat seperti gambar diatas. Lalu Kita setting IP pada kedua PC  seperti gambar di bawah ini2

 

Pada PC pertama kita masukkan IP : 172.17.8.1 Subnet mask :255.255.255.0. Lalu pada PC kedua IP : 172.17.8.2 Subnet mask = 255.255.255.0.

Setelah kedua PC diberi IP lalu kita coba tes ping dengan cmd.

3

Gambar diatas adalah hasil dari tes ping topologi pertama. ternyata pada hasil diatas kita bisa lihat bahwa PC pertama dan Kedua tidak saling terhubung.

Setelah itu kita coba dengan menggunakan kabel yang berbeda yaitu kabel Copper Cross-over. Tetapi masih dalam bentuk topologi yang sama. Seperti Gambar Dibawah ini.

4

 

Setelah membuat dengan kabel berbeda lalu kita cek ping kembali pada topologi kedua. Hasilnya sebagai berikut

5

Ternyata setelah kita mengganti kabelnya dengan menggunakan kabel Copper Cross-over hasil dari tes ping kedua pc tersebut berhasil terkoneksi.

Setelah kita mencoba dengan menggunakan topologi diatas dan dengan kabel yang berbeda ternyata hasilnya berbeda. Tetapi bagaimana jika kita menambahkan sebuah switch pada topologi diatas apakah akan sama? mari kita coba.

6

buatlah topologi seperti diatas dengan menggunakan kabel copper straight-through dan satu lagi dengan kabel copper cross-over. Lalu beri IP seperti pada topologi-topologi sebelumnya. Setelah itu kita tes ping topologi tersebut.

7

Gambar diatas adalah hasi dari tes ping topologi ketiga. ternyata hasilnya pc1 tidak dapat terkoneksi dengan pc2.

kita coba dengan mengganti kabel copper cross-over dengan kabel copper straigh-through. sehingga kedua kabel menjadi kabel straight. seperti gambar dibawah ini.8

 

lalu kita tes ping kembali topologi tersebut.

9

hasil dari tes ping topologi tersebut kedua pc terkoneksi satu sama lain jika menggunakan kabel copper straight.

Jadi, kesimpulannya kabel copper cross-over digunaka untuk device yang sama seperti PC ke PC pada topologi kedua yang dapat mengkoneksikan kedua PC tersebut. Dan kabel copper straight-through digunkan untuk device yang berbeda sepeti PC ke switch pada topologi terakhir.

 

untuk video tutorialnya bisa cek link dibawah ini

Tutorial

Yulia Diah Pitaloka (6702140081)

Zahir Wakid (6702140013)

Zulfikri (6702140121)

1 Comment

  1. Anonymous

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2024 hirzakidwa's blog

Theme by Anders NorenUp ↑